Metode injeksi beton diterapkan pada renovasi gedung yang struktur betonnya mulai mengalami keretakan. Inti dari metode ini adalah menyuntikan beton segar ke sela – sela retakan supaya struktur beton kembali seperti semula.

Langkah perbaikan semacam itu dapat dilakukan baik pada struktur beton yang bebas kelembaban maupun yang mengalami kelembaban akibat penetrasi air. Hanya saja ada perbedaan dari segi pemilihan material. Untuk mengatasi kebocoran dipakai adukan beton waterproof.

Ada alat injeksi yang memang khusus diperuntukan bagi pekerjaan ini. Dengan alat tersebutlah kita dapat menekan beton segar hingga ke celah retakan terdalam. Namun bukan berarti itu sudah menjamin reparasi yang dilakukan berakhir dengan hasil sempurna.

Perlu anda ketahui, terdapat beberapa tahap kerja untuk dilaksanakan pada projek tesebut supaya kondisi beton bisa benar – benar kokoh kembali.

 

Proses Pengerjaan Injeksi Beton

Kami dari Rekonstruksi.com sudah sering menangani pekerjaan semacam ini. Secara garis besar proses pengerjaan yang kami lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tahap persiapan area.
  2. Tahap persiapan alat.
  3. Tahap penyuntikan beton.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan kami hingga selesai.

1. Tahap Persiapan Area

Tentu sudah jelas bahwa setiap kali akan melakukan pekerjaan renovasi, lebih dulu kita perlu mengkondisikan area kerja. Singkirkan sementara benda – benda yang bisa menyulitkan atau bahkan menghalangi kita untuk menjangkau beton.

Tapi persiapan area disini tidak cukup sampai disitu. Secara khusus kita pun harus mengkondisikan beton. Terutama pada permukaan sekeliling retakan. Lakukan pembersihan agar bagian retak bisa menerima serta merekat pada beton segar nantinya.

Tahap Persiapan Area

Jika pada bagian tersebut juga terjadi kebocoran air sehingga ditumbuhi lumut, gunakanlah sikat kawat untuk menghilangkannya atau kalau perlu lakukan sedikit pembokokan. Pasalnya keberadaan lumut menjadi hal terburuk yang menyebabkan ikatan struktur beton lama dan baru tidak maksimal.

Setelah area sudah clear. Lanjutkan dengan menandai garis retakan. Tanda atau marking sangat berguna sebagai patokan kita pada tahap kedua.

2. Tahap Persiapan Alat

Disini kami anggap anda sudah menyediakan alat injeksinya. Jadi tahap persiapan alat yang kami maksud sebenarnya adalah proses memasangkan beberapa nepel pada jalur retakan.

Nepel sendiri merupakan komponen semacam fitting pipa berbentuk “ T ” dan dipakai untuk mengarahkan beton segar ke dalam retakan. Oleh karena ini pada tahap ini kita juga akan menginstalasi selang penghubung antara tiap nepel dan juga dengan tabung beton.

Tahap Persiapan Alat

Dalam pemasangan nepel kita harus menempatkannya persis di tengah ruas retakan. Idealnya tiap 20 cm terdapat nepel. Tujuannya agar nanti beton segar yang masuk dari setiap titik saling menyatu hingga rapat sempurna.

Kemudian agar nepel bisa menempel digunakan perekat dari bahan expoxy adhesive. Tak ketinggalan juga setelah ditempelkan kita perlu menutup semua ruas retakan menggunakan bahan tadi supaya saat beton segar mulai disuntikan tidak meleber.

3. Tahap Penyuntikan Beton

Kini kita masuk ke tahap inti. Pada proses injeksi beton penyuntikan beton dilakukan dengan memanfaatkan tekanan dari mesin kompresor. Tekanan ini mengarah pada tabung adukan beton. Barulah kemudian beton segar terdorong melewati selang dan pada akhirnya masuk ke celah retakan melalui nepel.

Tahap Penyuntikan Beton

Jadi pada tahap penyuntikan beton kita akan membuat adukan beton dan lansung memasukannya ke dalam tabung.

Dalam menginjeksi beton kita tidak perlu tekanan yang terlalu kuat. Justru akan lebih bagus jika nilai tekanannya rendah. Pasalnya nilai tekanan tersebut selain sudah cukup untuk mendorong beton juga baik untuk mengeluarkan kadar udara di dalam celah.

Pada akhirnya tahap penyuntikan dihentikan ketika semua ruas retakan sudah penuh oleh beton segar. Disini instalasi selang sudah bisa dibongkar. Sedangkan lubang penghubung selang pada nepel ditutup. Ya, nepel belum boleh dilepas hingga beton mengeras. Paling tidak biarkan komponen ini terpasang selama 24 jam.