Anda yang kurang lebih pernah berkutat atau memikirkan persoalan konstruksi pasti cukup sering mendengar jasa waterproofing. Di lain pihak anda yang sama sekali tidak pernah terlibat urusan konstruksi pun mungkin sudah pernah menjumpainya. Apalagi telah banyak perusahaan yang menawarkan jasa tersebut seperti kami bertebaran di dunia maya melalui sebuah website atau media – media online lainnya.

Dilihat dari sebutannya waterproofing bisa kita sepakati berasal dari bahasa Inggris. Secara bahasa terdapat dua kata yang menyusun istilah tersebut yakni ‘water’ dan ‘proofing’. Dalam bahasa Indonesia sendiri water berarti air dan proofing berasal dari kata sifat proof yang artinya tahan. Secara keseluruhan waterproofing bisa diartikan ‘tahan air’.

Jasa ini sebetulnya menawarkan layanan pembuatan lapisan tahan air pada permukaan tembok. Sebagai perusahan yang bergerak di bidang ini Rekonstruksi.com kami menawarkan layanan tersebut dalam beberapa macam yang terdiri dari Membran Bakar,  Injection System, Coating System, dan Carbodur.

Macam-Macam Jasa Waterproofing

Untuk mengetahui lebih tentang macam – macam jasa waterproofing tersebut silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

  • Membrane Bakar

Jenis lapisan kedap air yang pertama ini merupakan jenis yang paling sering diaplikasikan pada tipe gedung bertingkat. Membrane bakar sebetulnya merupakan lembaran pelapis yang mengandung asphal dan kemudian dicampuri dengan zat kimia khusus dalam proses penerapannya di bangunan. Bahan dasar pembuatannya adalah modified bitumen. Selain itu pada lembaran tersebut terdapat juga serat non woven plyester.

Pengaplikasian lapisan ini adalah dengan cara dibakar. Perlu pekerja ahli untuk menangani proses tersebut sebab tidaklah sembarangan dalam membakar tetapi ada perhitungan – perhitungan khusus.

 

  • Injection System

Berbeda dengan membrane bakar, injection system tidak menambahkan lapisan baru namun justru menyuntikan beton tambahan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk merapatkan kembali bagian dalam beton yang telah keropos dan berongga. Dengan begitu maka perembesan air melalui rongga – rongga yang ada sebelumnya dapat dihentikan. Memang bukan berarti rongga tersebut berukuran besar namun lebih menyerupai pori – pori. Jadi boleh dibilang metodi ini dilakukan untuk menyumbat kebocoran.

 

  • Coating System

Waterproofing coating adalah metode untuk menghindari terjadinya penetrasi air pada bagian bangunan seperti dak, kantilever, dinding, tanki, bak air, dan sebagainya. Untuk mendapatkan lapisan kedap air melalui coating system dibutuhkan material cair berupa polymer berbahan baku akrilik. Cara pengaplikasikannya adalah dengan dioleskan memakai kuas atau menyemprotkannya sercara merata menggunakan sprayer.

Waterproofing coating sistem selalu diterapkan pada  ruangan yang dipakai untuk aktivitas yang bersinggungan dengan air seperti toilet, baseman , dan sebagainya.

Kira – kira itulah uraian tentang waterproofing yang bisa kami tuliskan disini. Kesimpulannya istilah ini dipakai untuk menyebut lapisan tahan air yang diaplikasikan pada suatu bangunan dan memiliki jenis yang berbeda – beda.