penyebab-terjadinya-kebocoran-pada-dinding-rumah

Gedung rumah yang telah anda bangun sedemikian rupa dengan tampilan eksterior dan interior yang elok adalah tempat dimana anda bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta. Agar segala aktivitas kehidupan kita di dalam rumah dapat terasa semakin nyaman maka sangat penting menjaga kebersihannya. Dengan begitu anda sekeluarga dapat terhindar dari bakteri – bakteri sumber penyakit.

Pada bagian dalam rumah umumnya selalu terdiri dari beberapa kamar dengan fungsi berbeda – beda. Struktur gedung hunian memiliki tembok – tembok yang membatasi antar ruangan tersebut serta mebatasi bagian dalam dan luar rumah. Pada dasarnya tembok tidak hanya berguna sebagai pembatas namun juga bermanfaat untuk mengatur kondisi suhu, tekanan udara, dan kelembaban di dalam rumah. Dengan kondisi interior rumah yang terjaga maka anda dan keluarga pun akan lebih betah menghuni rumah tersebut.

Namun sayang, ada kalanya bagian struktur bangunan tersebut menimbulkan masalah bagi anda. Diantara sejumlah masalah yang bisa muncul, masalah rembesan air menjadi yang paling sering  terjadi. Apalagi jika dalam proses pendiriannya anda tidak mengandalkan jasa waterproofing maka kendala ini lebih rentan menghantui hunian anda. Di samping itu juga ada beberapa faktor lain yang bisa meyebabkan adanya masalah kebocoran. Berikut ini kami telah merangkum apa saja penyebabnya sehingga anda bisa paham bagaimana tembok rumah anda mengalami rembesan air.

Penyebab Terjadinya Rembesan Air Pada Dinding

1. Terdapat Retakan Pada Permukaan Luar Dinding

Pernyebab pertama yang beresiko besar terhadap kebocoran adalah retakan pada permukaan luar dinding. Kerusakan ini bisa disebut sebagai titik awal terjadinya penetrasi air melewati lapisan beton dinding. Pasalnya hanya bagian permukaan dinding saja yang dibuat dengan tinkat kerapatan acian tinggi. Selebihnya pada bagian dalam selalu ada rongga – rongga yang dapat menjadi jalan air mengalir.

Untuk masalah keretakan dinding sendiri disebabkan oleh penggunaan material yang kurang berkualitaas atau pengerjaan yang kurang maksimal. Untungya tidak terlalu sulit untuk menanggulangi masalah ini. Anda bisa memakai jasa kami untuk melakukan pekerjaan injeksi beton.  Pekerjaan ini tujuannya adalah untuk memperbaiki retakan beton dinding hingga celah terdalam dengan menyuntikan beton cair menggunakan alat injektor. Tidak sekedar beton biasa, bahan yang digunakan merupakan zat khusus yang sifatnya kedap air.

2. Terdapat Celah Pada Sambungan Dinding

Sebuah gedung tentunya memiliki lebih dari satu bagian dinding namun ada beberapa dinding yang tersusun sedemikian sehingga membentuk ruang. Karena itu terdapat sambungan yang mempertemukan dua dinding rumah. Sambungan tersebut dibuat dari cor beton dan didalamnya terdapat besi tulangan sebagai penguat.

Pada bagian sambungan ini sering kali kita temui terdapat celah baik karena keteledoran tukang saat mengerjakannya maupun karena faktor usia bangunan. Melalui celah ini kebocoran air dapat terjadi. Supaya tidak menimbulkan dampak yang lebih parah lagi masalah tersebut harus segera diatasi. Metode perbaikan yang bisa diterapkan pun sebetulnya sama dengan ketika anda memperbaiki retakan permukaan. Hanya saja kali ini tidak serta merta bisa langsung diperbaiki. Konstruksi gedung rumah perlu diteliti kembali secara menyeluruh. Karena letak kerusakan pada sambungan dinding juga berpengaruh terhadap kekuatan bangunan.

3. Pori – Pori di Permukaan Dinding Kamar Mandi

Kamar mandi adalah ruangan di dalam rumah yang selalu berhubungan dengan penggunaan air. Oleh sebab itu perrmukaan dinding biasa atau  yang sebatas dilapisi dengan cat tak mampu mencegah rembesan air terjadi. Hal itu dikarenakan adanya pori – pori kecil pada permukaan tembok. Tidak main – main masalah rembesan ini juga berpotensi menjadikan tingkat kelembaban  tinggi secara terus – menerus pada struktur tembok. Akhirnya kerusakan parah pun terjadi.

Solusi untuk menghindari adanya rembesan melalui pori – pori dinding kamar mandi adalah dengan memanfaatkan waterproofing coating. Metode pembuatan lapisan kedap air ini sangat mudah untuk diterpakan pada berbagai bagian gedung. Bahkan pada kamar mandi yang sempit sekalipun tetap mudah untuk megerjakannya. Pasalnya metode tersebut memanfaatkan bahan waterproofing berwujud cair yang dapat diaplikasikan dengan cara dioleskan. Adapun sebagai penguat diberikan bahan tambahan berupa serat fiberglass sehingga kecil kemungkinan air bisa tembus melewati lapisan ini.

4. Terdapat Bagian Dinding Yang Belum Diplester

Penyebab terkahir ini mungkin boleh dibilang diakibatkan faktro kelalaian atau kehabisan bahan bangunan. Jika pada dinding rumah anda khususnya bagian luar masih ada bagian yang belum diplester maka dipastikan kebocaran rentan terjadi. Apalagi ketika musim penghujan tiba. Curah air hujan yang tinggi dan menerpa rumah anda otomatis bisa merembes melalui celah – celah pada susunan bata tembok yang belum tertutupi oleh plesteran.

Jadi ketika anda membangun rumah sebaiknya jangan setengah – setengah. Pastikan seluruh bagian bangunan dikerjakan secara sempurna tanpa ada sedikit pun yang terlewatkan. Dengan begitu anda bersama keluarga anda bisa menikmati rumah yang susah payah dibangun dengan maksimal. Alhasil anda dan seluruh anggota keluarga lainnya akan merasakan hidup yang lebih menyenangkan.

 

Rekonstruksi.com Siap Membantu Anda Atasi Kebocoran

Rekonstruksi.com adalah website perusahaan kami yang bergerak di bidang jasa perbaikan gedung khususnya pembentukan lapisan waterproofing. Berbagai metode pengerjaan siap kami tangani.

Didukung dengan tenaga kontraktor dan pertukangan yang ahli di bidangnya menjadikan kami mampu mempersembahkan hasil terbaik kepada anda. Jadi bila saat membaca artikel tentang penyebab kebocoran ini anda butuh bantuan kami, tanpa perlu ragu lagi langsung saja hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini.