Bagi rumah yang memiliki lebih dari satu lantai, keberadaan balkon menjadi elemen penting tersendiri. Dalam membangunnya pun tak boleh sembarangan. Selain biasanya para pemilik rumah memanggil jasa waterproofing membrane untuk membuatnya tahan terhadap air, pembangunannya juga tak luput harus mengedepankan ketahanan dan kekuatan. Hal ini karena posisi balkon yang berada di atas, sehingga harus memiliki kekuatan yang ekstra untuk menopang beban di atasnya. Baik itu beban material, penghuni, dan furnitur lainnya yang disimpan di atasnya.

Balkon

Selain berpikir menegenai ketahanannya. Membangun balkon juga perlu menghitung ukurannya. Hal ini berkaitan dengan fungsi balkon tersendiri yang beragam sehingga para pemilik rumah dapat memanfaatkannya. Selain fungsi balkon pada umumnya, ada beragam fungsi lainnya yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja? Berikut di antaranya.

Fungsi Balkon yang Jarang Diketahui

Sebagai Kebun Kecil

Salah satu permasalahan orang dalam pembangunan rumah adalah minimnya tempat untuk berkebun. Sementara berkebun sendiri merupakan hobi bagi sebagian orang. Nah, keberadaan balkon dapat menggantikan fungsi ini. Meminta jasa waterproofing Jakarta untuk melapisi bangunan balkon agar tahan air sudah menjadi tahap yang bagus. Selanjutnya, Anda dapat mulai memilih ragam tanaman yang ingin Anda rawat.

Keberadaan balkon yang digunakan untuk kebun kecil juga sangat efektif karena letaknya yang menonjol keluar dan letaknya berada pada lantai atas, maka sinar matahari akan bebas masuk. Tentunya sinar matahari ini bagus untuk pertumbuhan tanaman. Memiliki kebun menjadi kesan tersendiri, karena rumah menjadi lebih asri.

Memperluas Ruangan

balkon rumah

Fungsi ini yang jarang diketahui oleh para pemilik rumah. Adanya balkon dapat memberikan kesan berupa ruangan yang menjadi lebih luas. Hal ini tentu cocok bila Anda memiliki ruangan yang kecil dan ingin memberikan kesan luas pada ruangan tersebut. Biasanya fungsi ini cocok untuk diterapkan pada ruangan kamar dan ruangan santai. Inilah sebabnya banyak rumah berlantaikan lebih dari satu menempatkan balkon pada kamar.

Baca juga: Wujudkan Kolam Renang Minimalis dengan Beberapa Tips dan Langkah Mudah Ini!

Pada ruang santai, selain dilapisi dengan lapisan tahan air oleh jasa waterproofing membrane, keberadaan balkon juga memberikan kenyamanan tersendiri karena kesan luasnya ruangan yang didapatkan. Dengan adanya fungsi kedua ini, maka setiap pemilik rumah tak perlu repot lagi ketika memiliki ruangan yang kecil.

Kualitas Rumah Menaik

Memiliki balkon merupakan keuntungan tersendiri. Adanya balkon dapat menunjukkan desain rumah yang Anda sudah konsepkan. Sekali lagi, hal ini karena letak balkon yang menonjol keluar sehingga cenderung dapat dilihat dari luar oleh siapa pun. Maka, bila konsep di dalam rumah Anda adalah vintage, maka Anda dapat menempatkan unsur-unsur vintage pada balkon.

Sebaliknya, bila konsep di dalam rumah adalah modern, Anda dapat menempatkan unsur-unsur modern pada balkon. Mulai dari pemasangan waterproof oleh jasa waterproofing Jakarta, memasang furnitur bergaya minimalis modern, dan lain sebagainya. Dengan demikian, balkon tak ubahnya seperti penarik perhatian bagi siapa pun yang melihatnya dari luar.

Beberapa fungsi balkon di atas memperkuat setiap para pemilik rumah untuk membangun balkonnya dengan cermat. Keberadaan balkon pada rumah dapat memberikan manfaat tersendiri, tinggal bagaimana Anda mengubahnya sesuai dengan fungsi dan kreasi Anda.