Pada sebuah projek konstruksi khususnya terkait pengerasan jalan beton, besi dowel adalah unsur penting yang wajib diperhatikan ketersediaannya. Hal ini dikarenakan material tersebut berfungsi sebagai penyatu / penyambung antara dua stuktur beton yang terpisah. Material ini berwujud batangan besi silinder dengan permukaan polos maupun ber-profil. Pada proses pengerjaan besi ini ditanamkan pada bagian dalam masing – masing plat beton.

Sebagai sarana pengikat, peran dowel selebihnya adalah untuk menyalurkan beban yang diterima pada bagian sambungan. Dengan begitu sambungan tidak mudah terlepas. Sebagaimana kita ketahui jalanan selalu menerima beban berat dari segala kendaraan yang melintas diatasnya. Pengerasan jalan menggunakan beton tanpa memiliki rangka sangat rawan terjadi kerusakan.

Memang jika dibandingkan pengerasan jalan dengan bahan lentur seperti aspal, pengerasan jalan memanfaatkan bahan kaku -beton lebih banyak membutuhkan material kontruksi pelengkap.

Pengadaan dowel mengakibatkan munculnya biaya tambahan. Namun alternatif kedua ini menawarkan kelebihan tersendiri. Biaya perawatan setelah proyek pembangunan jalan selesai bisa dikatakan nihil. Berbeda pada jalan aspal yang memerlukan perawatan berkala sebab sifat lentur aspal mempengaruhi permukaan jalanan.

 

Penggunaan Besi Dowel

 

 

Keberadaan batang dowel menghentikan retakan yang muncul untuk menjalar ke area lain. Kemampuan ini muncul dari cara pemasangannya. Pada tiap segmen beton separuh panjang dowel akan dibuat mengunci sedangkan sebagiannya dibiarkan bebas bergeser – geser. Pada separuh bagian yang tidak terikat tersebut permukaan besi dilumuri dengan pelumas. Oleh sebab itu pengerasan jalan dengan menggabungkan beberapa plat beton mampu menyesuaikan diri terhadap goncangan dari perpindahan beban kendaraan yang melintas.

Di samping itu sebagai media distribusi berat, besi dowel memiliki sambungan mekanis. Disinilah perpindahan beban berlangsung dengan sempurna sebab sambuangan mekanis tersebut menghubungkan slab tanpa memberi batasan gerakan terhadap sendi horizontal. Pergeseran berat melewati sambungan segmen beton pun jadi lebih efektif.

Penerapan dowel pada pengerasan jalan beton tidak memerlukan mesin khusus. Batangan besi ini dimasukan secara manual oleh para pekerja ke dalam sendi konstruksi. Bagian inilah yang sebelumnya dimaksud dengan sambungan. Istilah lain untuk bagian ini adalah constraction joint. Akan tetapi pemasangan dowel memerlukan perhitungan matematis tersendiri.

Perhitungan itu dilakukan dengan maksud untuk menghindari diperlukannya sendi tambahan. Kemudian akibat sifat dari suatu material yang dapat memuai dan menyusut. Bagian sendi beton yang menjadi tempat dimana separuh panjang dowel dibiarkan tak terikat harus diseuaikan ukurannya. Hal ini tentu dihitung dari daya muai material dowel.

Karena merupakan elemen penting, dowel diberi perlakuan khusus supaya tidak cepat mengalami kerusakan. Tindakan pencegahan yang dilakukan adalah melapisinya dengan epoxy. Pada beberapa proyek lapisan stainless steel menjadi salah satu pilihan yang sering dimanfaatkan.

 

Jenis – Jenis Dowel

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konstruksi jalanan. Di pasaran dapat kita jumpai aneka macam jenis dari produk ini. Berikut ini adalah daftar macam – macam dowel yang ada:

  • Besi Dowel Pendek

Jenis pertama ini adalah dowel yang dijual dalam ukuran siap pakai. Adapun ukurannya antar lain adalah 36 milimeter, 32 milimeter, 25 milimeter, 22 milimeter, dan 19 milimeter. Ukuran – ukuran tersebut adalah yang umum diaplikasikan sebagai penyambungan plat beton jalanan. Jadi pemborong tinggal memesan dowel pendek dengan ukuran dan kuantitas sesuai kebutuhan.

  • Besi Dowel Panjang

Pada dasarnya meski disebut panjang namun ukuran dari jenis dowel ini hanya berkisar antara 6 meter sampai dengan 12 meter. Dowel panjang kemudian bisa dipotong – potong lagi menjadi bebarapa bagian. Hanya saja karena tergolong pembelian barang belum siap pakai maka harganya pun relatif lebih murah jika dibandingkan membeli dowel pendek dalam jumlah kebutuhan yang sama.

Rekonstruksi.com Supplier Dowel Berkualitas

Selain menangani berbagai proyek konstruksi, disini kami pun juga menjual besi dowel berkualitas tinggi. Produk kami telah teruji dan terbukti mempunyai kualitas sesuai strandar industri yang ada. Keperluan material ini untuk pengerasan jalan siap kami penuhi.

Bahkan setelah anda melakukan tansaksi pembelian kami akan melakukan pengecekan mutu dari tiap produk yang akan kami kirimkan kepada anda. Kami baru akan mengirimnya kepada anda setelah benar – benar yakin semua barang telah melalui tahap pengecekan dan lolos pengujian. Dengan demikian anda tidak perlu meragukan kualitas dari dowel yang anda beli disini.

Sebagai perusahaan yang sudah lama bermain di bidang konstruksi kami memiliki banyak relasi bersama peruasahaan konstruksi lainnya. kami telah bekerja sama dengan produsen terkemuka yang hanya menawarkan produk terbaik. Karena kami adalah supplier besar maka anda bisa menemukan penawaran harga yang sangat terjangkau. Anggaran rencana pengerasan jalan pun bisa ditekan seminimal mungkin.

Semua itu bisa anda peroleh hanya dengan mempercayakan kebutuhan besi dowel anda kepada Rekonstruksi.com.

Pengerjaan konstruksi dengan besi dowel: