Carbodur

Kerusakan struktur balok beton membutuhkan penanganan yang berupa pembongkaran atau pembuatan struktur baru agar bisa menambah perkuatan/perbaikan struktur. Penelitian ini juga menyeangkut ke  dalam perkuatan struktur dengan menggunakan Sika Carbodur S512. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Sika Carbodur S512 pada nilai kuat geser dan beban retak pertama balok beton.

Bahkan Selain itu juga agar bisa mengetahui areal pemasangan Sika Carbodur S512 yang dapat menahan kuat geser sampai pada titik maksimum dan juga untuk mengetahui pengaruh kuat lentur terhadap kuat geser.Dari hasil penelitian bisa di dapatkan bahwa kekuatan geser terbesar yang dapat ditahan terjadi pada balok beton yang diperkuat dengan Sika Carbodur S512 sepanjang bentang bila dibandingkan dengan balok beton normal.

Pada balok beton normal, kekuatan gesernya sebesar 8,82 kN, nilai kuat geser pada beban retak pertamanya yaitu sebesar 5,09 kN dan lenturnya sebesar 5,88 kNm. Sedangkan pada balok beton yang diperkuat dengan Sika Carbodur S512 sepanjang bentang nilai kuat gesernya sebesar 14,7 kN atau meningkat sebesar 66,68 ni%.

Dari hasil penelitian tersebur dapat dilihat bahwa meningkatnya kekuatan geser meningkat pula momen lentur, peningkatan momen lentur terbesar terjadi pada balok beton yang diperkuat dengan Sika Carbodur S512 sepanjang bentang, yaitu sebesar 9,8 kNm atau meningkat sebesar 66,68 %.

 

« 2 of 4 »