Kenalan dengan Profesi Generalis, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Profesi generalis mungkin jarang kamu dengar. Akan tetapi, kalau kamu bekerja di bidang yang berkaitan dengan profesi tersebut, misalnya dokter gigi, pasti generalis sudah amat akrab di telinga. Belakangan ini berkarier sebagai spesialis dan generalis banyak diperbincangkan oleh kebanyakan orang. Terlebih akibat drama Korea yang tayang di Netflix Hometown Cha Cha Cha, dimana karakter utamanya ada yang berprofesi sebagai generalis.

Melansir , generalis diartikan seseorang yang memiliki pengetahuan tentang banyak topik dan memiliki banyak minat. Tak hanya memiliki berbagai minat, seorang generalis juga memiliki banyak keterampilan dan hobi. Seseorang dengan peran kepemimpinan mungkin generalis karena mereka melakukan banyak tugas, terkadang lintas departemen.

Yuk, bahas lebih lanjut soal profesi generalis! Generalis punya cakupan pengetahuan luas dalam industri atau lintas disiplin. Generalis juga cenderung mempelajari berbagai keterampilan yang mungkin berlaku di berbagai bidang.

Sebagai contoh, generalis bisa belajar copywriting, SEO, dan keterampilan manajemen media sosial sekaligus. Seluruh keterampilan itu bisa digunakan di berbagai industri seperti pengembangan bisnis atau pemasaran. Menariknya, generalis dapat bermanfaat bagi perusahaan dengan berbagai keterampilan yang mereka miliki.

Generalis juga dapat mengambil manfaat dari menjaga kecepatan kerja yang relatif stabil dan dapat diprediksi agar tetap efisien. Karena generalis memiliki berbagai pengetahuan, keterampilan mereka lebih dapat ditransfer di antara pekerjaan. Hal hal seperti layanan pelanggan, komunikasi verbal dan tertulis atau soft skill lainnya dapat membantugeneralis sukses dalam posisi apa pun di bidang apa pun.

Kelebihan menjadi generalis adalah bisa menghubungkan antar departemen karena luasnya pengetahuan yang dimiliki. Kemampuan generalis melihat hubungan antar departemen dan menemukan solusi sangat menguntungkan untuk seluruh tim atau departemen mereka. Selain itu, generalis memiliki fleksibilitas karier. Alhasil peluang untuk mengejar banyak karier dan mencegahnya dari kebosanan melakukan satu tugas.

Seorang generalis pun memiliki kemampuan beradaptasi yang bagus karenamemiliki banyak keterampilan dan pengalaman. Meski generalis unggul karena bisa mempelajari atau menguasai banyak bidang, namun mereka jadi sulit menunjukkan nilai mereka dalam sebuah perusahaan. Terutama dalam hal teknis yang membutuhkan suatu keahlian dan keterampilan bidang tertentu.

Namun, mereka dapat menawarkan diridan menunjukkan manfaat dengan banyaknya keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. Mengganti seorang generalis bisa lebih mudah daripada mencari spesialis baru, karena keterampilan merekabisa dimiliki oleh kebanyakan orang. Namun, mencari pekerjaan bisa lebih mudah dan lebih cepat bagi generalis.

Sayangnya generalis bisa mudah lelah di posisi mereka jika sering menggunakan banyak keterampilan di berbagai tugas. Untuk mengatasinya, generalis dapat memilih posisi dengan harapan yang jelas dan konsisten untuk mencegah kelelahan dalam berkarier. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.