Penyebab Sakit Gigi, Serta Cara Menghilangkannya Dalam Waktu 5 Menit

cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Banyak orang yang ingin tahu cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, karena mereka tahu betapa sakitnya gangguan kesehatan ini jika kambuh. Membuatnya sulit untuk beristirahat, sakit kepala hingga rasa tidak nyaman di seluruh tubuh.

Sakit gigi ialah rasa sakit yang Anda rasakan di dalam atau di sekitar gigi. Intensitas rasa sakit bisa berkisar dari ringan hingga berat. Anda mungkin merasakan sakit yang tajam yang terjadi terus menerus atau datang dan pergi tidak menentu.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (nanah di pangkal gigi), gigi retak atau patah, tambalan lama yang rusak dan sebagainya.

Apa Saja Penyebab Sakit Gigi?

  1. Gigi Berlubang

Sakit gigi bisa disebabkan karena memiliki gigi berlubang. Gigi berlubang terjadi karena adanya plak yang menumpuk di permukaan gigi, kemudian menghasilkan asam dan karang gigi, kemudian terjadilah gigi berlubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi.

  1. Gigi Sensitif

Gigi sensitif sering dialami oleh sebagian orang, dan menyebabkan sakit gigi. Lapisan dentin yang terkena suhu dingin dan panas, akan menyebabkan sakit gigi dan nyeri. Tidak hanya disebabkan oleh makanan saja, gigi sensitif juga bisa terjadi karena menyikat gigi terlalu keras.

  1. Masalah Gusi

Jika Anda memiliki masalah gusi, ini bisa menyebabkan sakit gigi. Radang gusi atau gingivitis ditandai dengan gejala gusi merah, bengkak, berdarah dan bau mulut. Masalah gusi juga terjadi karena infeksi gusi atau periodontitis.

  1. Abses Gigi

Abses gigi bisa membuat gigi terasa sakit. Saat terjadi abses gigi, terdapat kantong berisi nanah di area gigi dan gusi. Hal ini disebabkan adanya infeksi bakteri pada gusi.

  1. Gigi bungsu impaksi

Saat memasuki usia dewasa, Anda bisa mengalami impaksi gigi bungsu. Kondisi ini sangat wajar terjadi saat geraham tumbuh. Sakit gigi akibat impaksi gigi bungsu, bisa terjadi karena gigi bungsu miring, mengalami kerusakan saraf, dan kerusakan tulang rahang.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam Waktu 5 Menit

  • Berkumur dengan air garam

Cara ini sebenarnya tidak selalu efektif untuk semua orang, apalagi jika kondisinya cukup serius dan memerlukan pengobatan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, karena memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit.

Larutkan garam dalam air hangat yang hampir sehangat kuku, karena dengan suhu ini akan terasa nyaman di rongga mulut yang sensitif. Berkumurlah secara perlahan pada area yang nyeri, maka nyeri tersebut akan sedikit berkurang atau hilang.

  • Kompres dengan Air Dingin

Air dingin dikenal ampuh mengatasi rasa sakit dan bengkak. Anda bisa mengompres gigi yang sakit dengan menggunakan air dingin. Pertama, ambil es batu dan letakkan di atas kain kasa lalu kompres di area yang terkena.

Es dapat membantu mendinginkan area yang nyeri sehingga nyeri sakit gigi dapat diminimalisir. Namun berhati-hatilah untuk tidak menempelkan es langsung pada gigi karena dapat beresiko memperburuk rasa sakit.

  • Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Karena bawang putih mempunyai kandungan untuk membantu meredakan infeksi dan peradangan. Caranya adalah dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada gigi yang sakit dalam waktu 5 menit.

  • Daun Jambu Biji

Meski daun jambu biji sering digunakan untuk mengobati diare, daun jambu biji juga mampu meredakan sakit gigi dalam waktu 5 menit. Daun jambu biji bisa dikunyah pada gigi yang sakit. Anda juga dapat berkumur dengan air rebusan daun jambu biji.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.