Kenali Shampo Micellar dan Manfaatnya

Shampo Micellar

Sejak kemunculannya beberapa tahun lalu, micellar water semakin sukses dan kerap menjadi pilihan utama banyak orang sebagai cara cepat dan praktis membersihkan wajah dari riasan dan kotoran.

Melihat keampuhannya, banyak brand yang tertarik menggunakan teknologi micellar untuk menciptakan produk kecantikan lainnya. Setelah melalui proses yang panjang, kini hadir shampo Micellar, sampo yang diformulasikan dengan teknologi micellar.

Apa itu Shampo Micellar?

Shampoo Micellar adalah sampo yang mempunyai teknologi micellar atau micelles yang bersifat seperti magnet dan bisa mengikat kotoran dengan sempurna. Teknologi micellar menggunakan misel, yaitu surfaktan yang memiliki 2 ujung yang berbeda, salah satu ujungnya akan menarik dan mengikat air, sedangkan ujung lainnya akan menarik dan mengikat rambut.

Begitu pula saat micellar water bekerja di wajah, micellar shampoo akan mengikat minyak dan water sekaligus menghilangkan kotoran dari rambut. Selain lebih efektif dalam membersihkan rambut, produk ini juga mudah dibilas dan tidak meninggalkan residu.

Meski menggunakan teknologi serupa, ada sedikit perbedaan antara micellar water pada makeup dan sampo. Nah, jika Anda tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan micellar water, Anda tetap perlu membilas rambut setelah menggunakan shampo micellar.

Hal ini disebabkan oleh pengenceran micellar yang diaktifkan saat Anda mencuci rambut, sedangkan micellar water yang digunakan pada wajah tidak diencerkan terlebih dahulu.

Manfaat shampo micellar

  1. Membersihkan minyak

Inilah manfaat shampo micellar yang paling banyak dicari. Jika rambut Anda cepat lepek, menggunakan shampo micellar sebagai perawatan rambut dapat membantu mengatasi masalah ini.

  1. Mengurangi Ketombe.

Karena fungsinya sebagai deep cleanser, Anda yang memiliki masalah ketombe atau kulit kepala terkelupas bisa teratasi. Namun, pastikan Anda juga menggunakan sampo atau produk perawatan lanjutan untuk ketombe.

  1. Mengangkat Kotoran dan Produk Residu.

Bagi yang suka menggunakan dry shampoo, hairspray, gel, atau minyak rambut, manfaat shampo micellar ini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Tumpukan sisa produk yang tidak dibilas bersih saat keramas terkadang tidak begitu terlihat atau terasa. Padahal, residu dari produk ini bisa menyumbat pori-pori dan inilah yang membuat rambut Anda mudah lepek.

  1. Melembabkan Kulit Kepala.

Clarifying shampoo atau sampo untuk rambut berminyak sangat bagus untuk menghilangkan minyak dari kulit kepala. Sayangnya, ada beberapa produk yang membuat kulit kepala terlalu kering. Pernahkah Anda merasa seperti ini?

Karena teksturnya seperti micellar water yang terbuat dari komponen kecil minyak pembersih (ditambah mengandung gliserin), shampo micellar akan menjaga kelembapan kulit kepala Anda. Agar tidak kering dan tidak kasar

  1. Mengurangi Kekusutan rambut.

Menggunakan shampo micellar dapat mengurangi kekusutan pada rambut saat keramas. Hal ini karena shampo micellar memiliki kandungan minyak atau emolien yang memberi lapisan pada batang rambut.

  1. Mendukung Pertumbuhan Rambut Baru.

Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat dari shampo micellar ini secara instan. Namun, dengan kulit kepala yang bersih, akar rambut Anda akan lebih sehat. Nutrisi dari sampo atau hair tonic akan lebih terserap dengan baik. Batang rambut juga menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Sepintas, shampo micellar mungkin terdengar mirip dengan shampo clarifying. Apalagi keduanya digunakan untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala.

Namun, tidak seperti sampo clarifying yang hanya direkomendasikan beberapa kali seminggu (bahkan tidak disarankan untuk rambut diwarnai), namun shampo micellar dapat digunakan setiap hari karena memiliki formula yang aman dan tidak akan membuat rambut kering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.