Cara Memasang Set Top Box TV Digital di Rumah

cara memasang set top box

Siaran televisi digital ini menghadirkan kualitas gambar, suara, dan teknologi yang canggih dari pada sebelumnya. Siaran televisi digital menggunakan sistem modulasi dan kompresi sinyal digital terbaik. Untuk itu banyak orang mencari cara memasang set top box.

Untuk mengubah penangkapan sinyal, Anda dapat memasang set top box Anda sendiri di rumah. Disarankan untuk memilih set top box yang disertifikasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika untuk memastikan keamanan serta kualitas pada fitur-fiturnya.

Bagaimana Cara Memasang Set Top Box TV Digital?

Set top box adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menangkap saluran TV digital dan mengubah sinyal dari audio visual ke TV analog. Alat ini memungkinkan Anda untuk beralih saluran analog ke digital tanpa mengubah TV.

Set top box banyak dipilih orang karena harganya yang cukup terjangkau. Dibandingkan membeli TV digital baru yang harganya jutaan, Anda bisa menggunakan set top box yang kisaran harganya berkisar Rp 250 ribu – Rp 600 ribu.

Saat membeli set top box, Anda akan mendapatkan aksesoris lainnya seperti kabel RCA, kabel HDMI, dan remote control. Nah, berikut ini cara memasang set top box TV digital lengkap yang bisa Anda lihat:

Cara Memasang Set Top Box Digital TB

Cara memasang set top box TV digital sangat mudah. Anda dapat menginstalnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan antena

Sebelum memasang set top box, siapkan antena terlebih dulu. Jenis antena yang dapat digunakan adalah antena TV lama yang menangkap saluran UHF dan VHF. Anda dapat menggunakan antena eksternal atau internal.

  1. Masukkan kabel antena ke port

Masukkan kabel antena ke dalam port ANT IN pada dekoder.

  1. Hubungkan dekoder ke TV

Masukkan kabel RCA ke TV dan set top box sesuai warna, putih, merah dan kuning. Jika TV Anda sudah memiliki port HDMI, Anda dapat menggunakan kabel HDMI sebagai opsi.

  1. Hubungkan adaptor

Untuk set top box yang dilengkapi dengan adaptor, sambungkan adaptor ke listrik.

  1. Pasang set top box

Nyalakan tombol daya dekoder dan TV Anda. Di layar akan muncul panduan instalasi, pilih bahasa, negara, dan kode pos.

  1. Cari saluran

Pilih opsi Saluran, pilih pencarian otomatis. Tunggu hingga pencarian sinyal selesai dan Anda dapat menikmati saluran TV digital terbaru.

Cara Memasang Set Top Box ke TV LED.

Orang yang menggunakan TV analog tidak perlu mengganti ke TV baru. Hanya dengan Set Top Box (STB), Anda dapat menangkap sinyal siaran TV digital. STB bekerja seperti konverter yang fungsinya untuk mengubah sinyal digital agar TV analog dapat membacanya. Dengan ini, masyarakat dapat memanfaatkan STB saat Analog Switch Off (ASO) mulai diterapkan.

Cara Memasang Set Top Box ke TV Sharp LED dan Merk Lainnya

Siapkan STB dan TV LED. Pastikan STB adalah tipe DVB-T2 yang mendukung koneksi antena pada TV analog.

Kemudian, sambungkan kabel antena ke STB. Kemudian, nyalakan TV dan STB dengan remote. Pilih mode AV di TV analog.

Lalu pergi ke pengaturan dan pilih ‘HDMI’. Jika tidak, pilih menu ‘AV’.

Pilih menu ‘Channel Search’ lalu ‘Auto Search’ untuk mendeteksi siaran TV digital. Pilih menu ‘Simpan’. TV LED siap untuk ditonton.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.