Rambah Penjualan di E-Commerce, Sinarmulia Sukses Mendulang Untung Besar di Masa Pandemi

Sektor usaha ritel banyak yang terdampak selama pandemi Covid 19 yang mewabah sejak setahun lalu. Untuk itu diperlukan langkah inovasi sebagai adaptasi bisnis gaya baru yang lebih efisien meski jarang bertemu dengan pelanggan secara tatap muka. Maka, pilihan menjual secara daring melalui e commerce menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan penjualan dengan jangkauan yang luas. Hal inilah yang dilakukan pula oleh PT Sinarmulia Sukses Makmur atau Sinarmulia yang merupakan partner resmi untuk penjualan produk HP Indonesia. Menjalani kerja sama sejak 16 tahun lalu, tentu sudah banyak pengalaman bisnis yang dialami Sinarmulia dalam memasarkan semua produk unggulan dari HP seperti komputer pc, laptop hingga printer. Rudy juga menceritakan awal mula bekerja sama dengan HP Indonesia. Mulanya, Sinarmulia menjajaki kerja sama dengan HP pada tahun 2005 lalu untuk menjual perangkat printer. "Pada tahun 2005 HP menawarkan kerja sama dengan Sinarmulia. Saat itu kami menjual perangkat printer saja, setelah beberapa tahun berjalan Sinarmulia juga menjual beberapa produk pc dari Compaq, Laptop, dan tinta printer," jelas Rudy.

Tak hanya mengandalkan penjualan offline , Sinarmulia juga merambah pada gaya bisnis online melalui beberapa e commerce ternama di Indonesia. Bahkan, omset penjualan di masa pandemi Covid 19 mengalami kenaikan. Sinarmulia membuktikan jika pandemi tak menghalangi untuk mendapat keuntungan berlipat ganda melalui gaya bisnis yang inovatif. "Saat awal pandemi, praktis semua store kami tutup dan tak ada kunjungan pelanggan di masa awal PSBB. Kami makasimalkan penjualan di online melalui e commerce seperti Blibli, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Kami juga bersyukur, meski pandemi penjualan produk di store kami meningkat," papar Rudy. Rudy menceritakan jika Sinarmulia sejak 2012 lalu telah menerapkan model bisnis online . Memang saat itu dampak bisnis belum begitu terasa dan efeknya sangat terasa setelah 3 4 tahun berjalan. "Sejak 2012 lalu kita sudah menjual produk Sinarmulia secara online. Saat itu penjualan belum terlalu signifikan, tapi saat ini justru keuntungannya sangat luar biasa," imbuh Rudy.

Hal unik lainnya juga terjadi dalam penjualan Sinarmulia di masa pandemi. Peningkatan penjualan di Sinarmulia pun meningkat tajam. Di saat banyak peritel yang gulung tikar hingga merumahkan karyawannya, yang dialami Sinarmulia justru sebaliknya. "Kami berusaha semaksimal mungkin tak ada karyawan yang di phk. Bahkan, di masa pandemi ini penjualan kita meningkat hingga 10 kali lipat karena banyaknya permintaan perangkat printer dan laptop. Karena saat pandemi kebutuhan laptop sangat mendesak untuk kegiatan belajar di rumah," tutur Rudy. Hal ini tak lepas juga dari dukungan HP Indonesia yang menyokong penuh penjualan produknya di Sinarmulia. "Dukungan HP Indonesia sangat baik. Selama 16 tahun bekerja sama HP selalu mendukung penjualan di ritel kami dan menjadi parter bisnis strategis terlebih di masa pandemi ini," kata Rudy.

Rudy menambahkan, saat ini Sinarmulia sedang bersiap siap untuk masuk dalam channel penjualan baru. Rencananya, dalam waktu singkat PT Sinarmulia Sukses Makmur akan masuk juga di channel e commerce baru yakni Shopee Mall. Bila rencana ini sukses, maka pemasaran produk di Sinarmulia akan lebih luas lagi dan banyak benefit yang didapat dari perusahaan dan pelanggan. "Harapannya dalam waktu dekat Sinarmulia juga masuk di Shopee Mall. Kami berharap hadirnya Sinarmulia di Shopee Mall akan meningkatkan penjualan produk kami, khususnya HP dan menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia," imbuh Rudy. Sebagai toko offline dan online terpercaya di Indonesia, Sinarmulia telah dikenal sebagai toko yang menjual komputer, laptop, PC, printer, tinta toner, aksesoris komputer, Software Microsoft yang bergaransi resmi.

Sinarmulia merupakan Authorized/Main Dealer atau peritel resmi untuk produk HP, Lenovo, Dell, Acer, dan Microsoft. Beberapa store Sinarmulia berlokasi di Mangga Dua Mall, Poins Square, Mall Ambasador, Store Tanjung Duren, Tangerang City Mall dan Bekasi Cyber Park.

Leave a Reply

Your email address will not be published.