Deretan Bintang Top yang Cuma Bisa Tonton EURO 2020 dari Rumah, Dari Ibra Hingga Haaland

Dari Zlatan Ibrahimovic sampai Erling Haaland, banyak bintang top Eropa yang terpaksa hanya nonton Euro 2020 dari rumah karena absen di turnamen ini. Tinggal hitungan hari menuju Euro 2020, sejumlah pemain bertumbangan karena cedera sehingga terpaksa absen mentas di Piala Eropa. Terbaru, Donny van de Beek melengkapi musim tak menyenangkan di Manchester United dengan pencoretan dari skuad timnas Belanda.

Eks gelandang Ajax tersebut harus menonton laga Piala Eropa dari sofa di rumahnya karena mengalami cedera. Kejadian ini mengenaskan karena pengumuman absennya Van de Beek cuma berjarak 5 hari dari laga perdana timnas Belanda di Euro 2020 dengan melawan Ukraina. Sebelumnya, timnas Inggris juga mengirim pulang Trent Alexander Arnold akibat masalah yang sama setelahsukses mengambil hari Gareth Southgate untuk masuk skuad akhir.

Bukan hanya akibat cedera, dikutip dari BolaSport.com, berikut ini rangkuman para pemain bintang yang absen di Piala Eropa karena berbagai alasan. Setelah menjalani comeback luar biasa di timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic harus menyerah kepada kondisi fisik. Bomber AC Milan tersebut memang bergelut dengan cedera lutut sepanjang musim ini yang membuatnya tak bisa tampil penuh.

Dalam usia 39 tahun, bisa dibilang tertutup sudah peluang Ibrahimovic tampil di turnamen elite bersama negaranya. Sebelum Van de Beek, timnas Belanda lebih dulu dipastikan tak bisa diperkuat pilar di lini belakang, Virgil van Dijk. Bek jagoan Liverpool itu belum sembuh dari cedera ACL yang dialami saat menghadapi Everton, Oktober lalu.

Van Dijk kabarnya bakal ikut kontingen Belanda ke Piala Eropa sebagai anggota staf tak resmi Frank de Boer. Salah satu kiper terbaik di dunia saat ini, Jan Oblak, absen di Euro 2020 karena memang negaranya tidak lolos. Sloveniatak pernah lagi lolos keturnamen besar setelah masuk Piala Dunia 2010.

Kiper nomor satu Barcelona ini tak bisa berangkat ke Euro 2020 bersama timnas Jerman. Marc Andre ter Stegen lebih memilih menjalani proses operasi untuk pemulihan lutut yang memaksanya menep beberapa bulan. Toh, dengan adanya Manuel Neuer di bawah mistar, absennya Ter Stegen bukan tragedi buat Jerman.

Performa brilian dalam masa pinjam singkat bersama West Ham United tetap tak cukup menggaransi satu tempat bagi Jesse Lingard di timnas Inggris. Ia gugur karena dicoret pelatih Gareth Southgate dari daftar skuad terakhir menuju turnamen. Lingard harus kejam dengan berharap ada lagi pemain Inggris yang cedera jika masih ingin punya kans masuk skuad sebelum laga perdana turnamen.

Salah satu nama terbesar yang harus melewatkan Piala Eropa tahun ini. Sergio Ramos, sang kapten Real Madrid dan timnas Spanyol, serta pemilik rekor caps buat negaranya, tak dibawa Luis Enrique ke skuad ramping berisi 24 pemain. Ramos memang kesulitan menemukan puncak performa akibat sering cedera sepanjang musim ini.

Akibatnya, untuk pertama kali dalam sejarah mereka di sebuah turnamen, tiada satu pun wakil Real Madrid di Euro 2020. Dianggap salah satu bomber muda terbaik di dunia saat ini, kita tak bisa menyaksikan aksi aksi Erling Haaland di Piala Eropa 2020. Striker Borussia Dortmund yang diincar segunduk klub top Eropa itu absen karena timnas Norwegia tidak lolos ke putaran final.

Haaland dkk rontok di semifinal play off oleh Serbia. Nasib sama menimpa Miralem Pjanic (Bosnia Herzegovina)hingga Sergej Milinkovic Savic (Serbia), yang kudu nonton Piala Eropa di rumah karena negaranya tak lolos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.